Minggu, 05 Desember 2010

Sejarah Nabi Muhammad SAW II

Standar Kompetensi
(Tarikh & Kebudayaan Islam)
:
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
Kompetensi Dasar
:
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW.
Indikator
:
8.1.1 Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW.
8.1.2 Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
8.1.3 Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
8.1.4 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
8.1.5 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Materi Ajar:
Sejarah Nabi Muhammad SAW
1. Sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Dahulu bangsa Arab tenggelam dalam kehidupan jahiliyyah, kemusyrikan dan kemaksiatan merajalela, oleh karena itulah Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW untuk menyeru umat manusia kepada tauhid dan kepada kebaikan, membawa umat manusia dari kegelapan kepada cahaya keselamatan. Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah atau tanggal 20 April 571 M di kota Makkah.
2. Sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad SAW. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah
Sejak kecil, Rasulullah SAW adalah seorang yatim-piatu. Saat dilahirkan oleh ibunya yang bernama Aminah, Beliau dalam keadaan yatim dikarenakan ayah Beliau yang bernama Abdullah telah meninggal dunia. Pada saat Rasulullah berusia 6 tahun, ibunyapun meninggal dunia, sehingga Beliau dirawat oleh kakeknya yang bernama Abdul Mutholib. Namun, kemudian tak lama kakeknyapun meninggal dunia, sehingga Beliau dirawat dan dibesarkan oleh pamannya yaitu Abu Thalib. Rasulullah sejak kecil sudah belajar mandiri dan berusaha sendiri, mulai dari menggembalakan kambing sampai ikut membantu berdagang. Selain itu, di kalangan kaum Quraisy, Rasulullah sejak kecil sudah terkenal dengan akhlak dan sikapnya yang terpuji, sehingga beliau dijuluki “Al-Amin” (orang yang dapat dipercaya). Pada umur 25 tahun, Beliau menikah dengan Khadijah ra. Seorang janda kaya yang cantik dan terpandang, yang menjadi pedamping Beliau dalam awal-awal perjuangan dakwahnya kelak. Kemudian, pada usia + 40 tahun Beliau mendapatkan wahyu pertama melalui Malaikat Jibril as. di Gua Hiro dan sejak saat itulah Beliau diangkat menjadi Rasul (utusan) oleh Allah SAW.
3. Sejarah Nabi Muhammad SAW. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
Wahyu pertama diterima oleh Rasulullah pada hari Senin tanggal 17 Ramadhan tahun ke-41 dari kelahirannya, bertepatan tanggal 6 Agustus 610 M. Kemudian setelah turun wahyu yang kedua, yaitu QS. Al-Muddassir: 1-7, maka mulailah Nabi Muhammad SAW mendakwahkan Islam kepada kerabat dan sahabat dekat dengan cara sembunyi-sembunyi. Dakwah dengan cara ini dilakukan nabi selama tiga tahun dengan pusat kegiatan dakwah di rumah Arqam bin Abil Arqam, dan pada masa itu masuk islamlah beberapa orang dari penduduk Makkah yang digelari “As-Sasbiuunal Awwaluun”. Selanjutnya, dakwah secara terang-terangan di tengah-tengah masyarakat Quraisy dilakukan setelah Allah menyuruh Nabi berdakwah secara terbuka dan terang-terangan sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Hijr: 94.
Namun, sebagian besar masyarakat Makkah menentang dan memerangi dakwah Rasulullah. Bahkan Rasulullah dan para sahabatnya mengalami berbagai hinaan, gangguan, serta siksaan. Untuk melindungi agama serta para pengikutnya, Nabi memerintahkan sebagian kaum muslimin untuk berhijrah ke negeri lain. Hijrah pertama ke negeri Habsyi (Afrika), dan kemudian hijrah yang kedua yaitu ke Yastrib (Madinah).
4. Sejarah Nabi Muhammad SAW dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Setelah berdakwah + 10 tahun lamanya di Makkah, kemudian Rasulullah dan kaum muslimin hijrah ke kota Madinah. Di Madinahlah, Rasulullah mendakwahkan Islam yang kemudian diterima oleh masyarakat Madinah. Islampun berkembang, kaum musliminpun menjadi kuat dan bersatu atas dasar tauhid.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar